ARTIKEL

Bagi yang Suka Begadang, Waspadailah Insomnia


 Rabu, 18 November 2015 


Bagi yang Suka Begadang, Waspadailah Insomnia

Insomnia Tak Hanya Terjadi Pada Orang-orang Tertentu. Setidaknya Insomnia Atau Sulit Untuk Tidur Malam Akan Dialami Oleh Semua Orang Sebanyak Minimal Sekali Dalam Setahun. Penyebab Insomnia Sendiri Bisa Berbagai Macam. Salah Satunya Karena Kecemasan, Kecemasan Yang Dilatar Belakangi Terhadap Masa Depan Maupun Kecemasan Karena Masa Lalu Yang Terus Membayangi.

Apakah Insomnia Itu?

Insomnia Ditandai Dengan Sulitnya Tidur Atau Bangun Lebih Cepat (dini Hari). Seseorang Rata-rata Memerlukan Waktu Untuk Dapat Kea Lam Tidur Selama 30 Menit, Akan Tetapi Seseorang Yang Insomnia Akan Terus Terjaga Selama 30 Menit Tersebut Dan Tidak Jadi Tidur. Ini Terjadi Beberapa Kali Setidaknya 3 Kali Dalam Sepekan Dan Selama Satu Bulan Atau Lebih. Insomnia Sendiri Merupakan Salah Satu Gejala Klasik Dari Depresi Yang Sedang Dialami Oleh Seseorang. Namun Tahukan Anda, Bahwa Insomnia Akan Memberikan Dampak Kurang Baik Terhadap Kesehatan.

Dampak Negatif Dari Insomnia

Insomnia Sendiri Menyebabkan Kekurangan Waktu Untuk Tidur. Tidur Yang Cukup Amat Dibutuhkan Bagi Kesehatan. Karena Akan Meningkatkan Kualitas Kemampuan Memori. Waktu Untuk Tidur Adalah Waktu Yang Penting Bagi Tubuh Dalam Mengkonsolidasikan Gelombang Lambat Dengan rem (repid eye Movement Atau Gerak Mata Cepat) Untuk Memperkuat Kemampuan Memori.

Saat Anda Terjaga Dimalam Hari Dan Melanjutkan Aktivitas Pada Pagi Harinya Anda Akan Mengalami Penurunan Daya Konsentrasi. Seperti Kesulitan Untuk Menyerap Informasi Juga Kurang Fokus Terhadap Kemampuan Spasial Seperti Saat Mengemudi Di Jalan.

Jika Anda Meminum Obat Tidur Untuk Mengatasi Insomnia

Dilakukan Penelitian Pada Pusat Penelitian Di Missouri, Tentang Pengaruh Produktivitas Relawan Setelah Meminum Obat Tidur. Ternyata Obat Tidur Yang Mengandung Hipnosik Dapat Menganggu Dan Mengurangi Kinerja Otak Untuk Mengkonsolidasikan Memori Saat Tidur, Artinya Obat Tidur Sendiri Menyebabkan Pengaruh Negatif Pada Orang Yang Mengkonsumsinya. Selain Itu Membuat Rasa Kantuk Lebih Panjang Saat Beraktivitas Keesokan Harinya.

Solusi Untuk Insomnia

Selain Menyelesaikan Penyebab Kecemasan Tadi. Minum Obat Tidur Sendiri Perlulah Bimbingan Dokter. Namun Obat Tidur Hanya Bisa Diberikan Untuk Jangka Pendek Yang Digunakan Untuk Mengembalikan Kembali Ritme Tidur. Hal Ini Tidak Bisa Untuk Jangka Panjang. Sehingga Mengembalikan Kebiasaan Untuk Tidur Merupakan Solusi Jangka Panjang. 

sumber Ilustrasi