ARTIKEL

BHINNEKA TUNGGAL IKA, MENGHARGAI, MENGHORMATI, MEMAHAMI DAN MENERIMA SEGALA PERBEDAAN


 Rabu, 18 November 2015 


BHINNEKA TUNGGAL IKA, MENGHARGAI, MENGHORMATI, MEMAHAMI DAN MENERIMA SEGALA PERBEDAAN

Perbedaan Suku, Bangsa, Budaya, Bahasa Dan Agama Merupakan Hal Yang Biasa Dalam Hidup Di Tanah Air Ini Yang Notabenenya Bangsa Indonesia Merupakan Masyarakat Yang Majemuk Dan Multikultural.

Masih Ingatkan Dalam Proses Kemerdekaan Indonesia? Bangsa Indonesia Merdeka Tidak Terlepas Dari Campur Tangan Kerjasama Antar Suku Yang Saat Itu Berasal Dari Berbagai Kerajaan Nusantara. Bangsa Indonnesia Bukan Hanya Terdiri Satu, Dua Atau Tiga Suku Melainkan Ratusan Suku. Selain Suku, Terdapat Juga Berbagai Ragam Jenis Kepercayaan Layaknya Agama Yang Dianut Dan Diyakini Oleh Mereka. Hal Ini Menunjukkan Ciri Khas Yang Menjadikan Indonesia Dikenal Sebagai Bangsa Majemuk Dibandingkan Dengan Bangsa Lain.

Dengan Demikian, Apakah Ada Yang Berniat Untuk Masih Bersikeras Hanya Memandang Kemampuan Suku, Bangsa, Agama Tertentu Yang Sempurna? Hanya Manusia Yang Berakal, Berbudi Pekerti Dan Berdharma Yang Masih Dapat Berfikir Kesudut Pandang Tersebut. Karena Sejatinya Manusia Yang Berbudi Pekerti Luhur Tidak Ada Yang Menghendaki Untuk Hidup Bercerai Berai Karena Alasan Kita Berbeda Satu Sama Lainnya Dalam Hal Berbeda Etnis, Bahasa, Keyakinan, Kebiasaan Dan Lain-lain.

Menyikapi Perbedaan Itu Seharusnya Tidak Perlu Dipersoalkan, Apalagi Sampai Menyulutkan Konflik Sosial Yang Justru Mengakibatkan Kehancuran Dan Perpecahan. Padahal Perpecahan Akan Mengakibatkan Banyak Kerugian Baik Materiil Maupun Non Materiil.

Renungkanlah, Kita Memang Berbeda, Tetapi Bukan Untuk Dibeda-bedakan. Perbedaan Atau Keberagaman Sebaiknya Kita Syukuri, Karena Keberagaman Merupakan Anugrah Yang Patut Untuk Kita Hormati, Hargai, Pahami, Akui Sebagai Realita Sosial Yang Harus Kita Terima.

Pupuklah Rasa Solidaritas Pada Diri Kita, Agar Kita Dapat Menerima Sesuatu Yang Baru (adaptasi), Toleransi, Saling Menghormati Dan Tentunya Dapat Menerima Perbedaan.

Dukung Mereka (tiap-tiap Suku Bangsa) Untuk Mengembangkan Kebudayaan Etnik Mereka Supaya Dapat Menjujung Tinggi Budaya Etnik Masing-masing, Tetapi Kita Juga Harus Menjunjung Tinggi Juga Identitas Nasionalisme Sebagai Bangsa Indonesia. Kita Sikapi Keberagaman Kita Dengan Persatuan Kita, Untuk Mewujudkan Persatuan Indonesia Yang Adil, Makmur Dan Sejahtera.


Perbedaan Yang Terdiri Dari Keanekaragaman Suku, Adat, Agama, Ras Menjadi Nilai Tambah Karena Hal Tersebut Menunjukan Kekayaan Sekaligus Identitas Bangsa. Karena Tidak Semua Bangsa Di Dunia Ini Yang Memiliki Keragaman Seperti Indonesia.

ilustrasi Gambar 

Copyright © 2015 Indonesia Sejati. All Rights Reserved.